page-header

Masalah Fertilitas Wanita

Dianugerahi kehamilan bagi beberapa wanita memang mudah. Sayangnya, sebagian lagi sangat kesulitan. Hal ini membuat penyebab wanita susah hamil penting untuk melakukan investigasi masalah fertilitas wanita. Berikut beberapa metode investigasi masalah fertilitas pada wanita.

USG Abdominal dan Transvaginal

Ultrasonografi dengan alat 2 dan 4 dimensi dapat melihat organ – organ reproduksi calon bunda dengan lebih detail sehingga jika terdapat gangguan/kelainan dapat dideteksi lebih akurat.

Pemeriksaan dapat dilakukan beberapa kali untuk melakukan pengawasan pada pertumbuhan folikel sel telur (kantong kecil di dalam ovarium tempat sel telur matang), terutama saat fase stimulasi dari program yang calon bunda jalani.

IVF Bali

Profil Hormon Wanita

Bayi Tabung Bali

Pada calon bunda pengecekan hormon seperti FSH, LH, Prolaktin, dan Estrogen melalui pengambilan darah dapat dilakukan untuk mengetahui masalah hormon. Misalnya pada calon bunda yang memiliki masalah haid tidak teratur atau masalah kegemukan dan jerawat berlebih. Selain itu pemeriksaan hormone juga dilakukan untuk melakukan pengawasan pada pertumbuhan folikel sel telur, terutama saat fase stimulasi dari program yang calon bunda jalani.

Histerosalfingografi (HSG)

IVF Bali

HSG adalah salah satu pemeriksaan radiologi dengan X-ray dan cairan kontras untuk melihat gangguan pada Rahim dan tuba falopi (struktur yang mengantarkan telur dari indung telur/ovarium agar sampai ke rahim).

Dokter radiologi akan melihat aliran cairan kontras bergerak di sistem reproduksi calon bunda. Dari sana dokter dapat melihat jika ada sumbatan pada tuba falopi atau jika ada kelainan pada struktur rahim calon bunda.

Laparoskopi
Bayi Tabung Bali

Laparoskopi atau operasi lubang kunci adalah prosedur bedah invasif minimal di mana sayatan kecil dibuat di dinding perut. Laparoskopi dilakukan dengan menggunakan perangkat tubular tipis yang disebut laparoskop. Instrumen ini dilengkapi dengan kamera dan lampu di ujungnya.

Prosedur laparoskopi dilakukan untuk keperluan diagnosis atau terapeutik. Melalui metode ini, dokter dapat mendeteksi sejumlah anomali seperti infeksi, kista, fibroid, dan adhesi pada organ perut atau panggul. Selain itu, prosedur ini juga dapat digunakan untuk pengambilan sampel jaringan dalam tes biopsi.

Laparoskopi kandungan adalah prosedur tindakan untuk diagnosis dan perawatan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi wanita, khususnya penyakit pada rahim dan sel-sel ovarium. Prosedur ini merupakan metode alternatif untuk membuka prosedur bedah (konvensional).

Biopsi Endometrium
Bayi Tabung Bali

Biopsi endometrium adalah proses pengambilan sampel jaringan dari endometrium agar dapat diperiksa. Dokter yang dapat melakukan tindakan ini adalah dokter kandungan.

Sistem reproduksi wanita terdiri dari beberapa bagian, seperti ovarium yang menghasilkan sel telur, rahim, tuba falopi yang merupakan tempat berpindahnya sel telur, dan serviks yang menghubungkan rahim ke vagina dan berperan sebagai pintu masuk ke rahim.

Sementara itu, rahim sebagian besar terdiri dari korpus atau bagian dalam rahim di mana bayi akan tumbuh. Rahim memiliki dua lapisan, salah satunya adalah endometrium, yang dapat ditemukan di bagian dalam rahim.

Endometrium adalah penanda yang baik akan adanya gangguan hormon karena struktur endometrium, seperti ketebalannya, akan berubah saat siklus menstruasi. Apabila wanita hamil, ketebalan endometrium akan bertambah sebagai respon terhadap bertambahnya produksi estrogen. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan rahim untuk pertumbuhan janin. Apabila tidak terjadi fertilisasi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak progesteron, yang akan menipiskan endometrium, sehingga endometrium akan meluruh dan menjadi aliran darah saat menstruasi.

Back to top of page
× Hi, ada yang bisa kami bantu?